Desa Kaloran Gelar Nyadran, Gunakan Standard Protokol Kesehatan


Nganjuk, Sadhapnewsp - Sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa, Desa Kaloran Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk gelar Nyadaran atau lebih dikenal dengan sedekah atau bersih desa.

Bersih desa atau Nyadran ini merupakan tradisi turun temurun dalam budaya masyarakat terutama di Pulau Jawa, yang sudah dilakukan berabad abad lamanya.

Hal ini dapat didefinisikan sebagai bentuk wujud rasa syukur dari masyarakat desa atas berkat yang telah diberikan Sang Pencipta kepada masyarakat, baik kesehatan, keselamatan dan rejeki dari hasil panen.

Pantauan Sadhapnews di lokasi, warga berbondong bondong membawa berkat (Tumpeng, red)  menuju punden yang berada di Dusun Bulakmiri.

Pagelaran bersih desa yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut di hadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) yakni Camat, Kapolsek, Danramil Ngronggot Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan Nyadran  berjalan aman, lancar dan kondusif dan tetap menggunakan Standard Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, yakni cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak 

Dalam sambutannya, salah satu pejabat berwenang mengatakan, karena ini masih dalam pandemi covid-19 maka masyarakat yang menggelar acara selamatan di punden pun harus tetap mematuhi Standard Protokol Kesehatan.

Setelah mendapatkan wawasan dan himbauan kesehatan, warga pun melakukan doa bersama untuk wujud rasa syukur  kepada Allah SWT atas kesehatan, kesejahteraan yang telah diberikan kepada seluruh warga desa Kaloran kecamatan Ngronggot.

Acara bersih desa ditutup dengan pagelaran Kesenian Tari Kuda Lumping Wijoyo Putro Desa Kaloran untuk memberikan hiburan kepada warga masyarakat.(M.to)
Next Post Previous Post