Peternakan Tawon di Dusun Ganggangmalang Sumengko, Resahkan Warga


Nganjuk, Sadhapnews - Peternakan tawon (Lebah, red) tepatnya di Dusun Ganggangmalang, Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk resahkan warga dan pengguna jalan.

Kehadiran Tawon tersebut, tentunya bikin rasa was-was para pengguna jalan umum. Terlebih kawanan tawon tersebut berterbangan bebas dengan jumlah yang cukup banyak.

Kedatangan tawon tersebut memang sengaja dipelihara oleh salah satu pihak peternak, dengan menempatkan rumah tawon di pinggir jalan.
Sehingga para kawanan tawon terbang bebas mencari sari sari dari tumbuhan jagung dan wijen.

"Karena pada saat ini Desa Sumengko mayoritas petani penanam jagung dan wijen, tempat tersebut sangat cocok buat peletakan rumah tawon," ungkap Tomy, salah satu warga Sukomoro.

Pantauan Sadhapnews di lapangan Minggu (27/09/2020) memang benar keberadaan tawon tersebut sedang berkeliaran kesana kemari dengan jumlah yang cukup banyak. Di lokasi pun juga nampak banyak hingga puluhan rumah tawon terbuat dari papan yang sudah disiapkan di lokasi tersebut.

"Namun saat wartawan ini tiba dilokasi tak satu pun pemilik ternak tawon ada dilokasi," tandasnya.

Fitri (38) warga Pace, yang sedang melintas di jalan Dusun Ganggangmalang mengatakan, walaupun kami belum sampai tersengat lebah, kami jelas was-was, karena takutnya kalau sedang melintas, ada salah satu kawanan lebah tersebut nyangkut di badan atau bahkan kena muka.

"Apalagi para pengendara menjalankannya motornya di atas kecepatan 30/KM," ujar Fitri.

Warga berharap, ada tindakan dari pihak desa  untuk bisa segera menegur  kalau bisa mencari tempat yang lebih aman dan agak jauh dari jalan umum, karena selain membahayakan juga membuat warga tidak nyaman untuk melintasi jalan tersebut.

"Sebelum terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, kami mohon untuk pengertiannya dari pihak peternak atau pihak Pemdes Sumengko untuk memberi bentuk peringatan," tambah warga lainnya. (M.to)
Next Post Previous Post