Musim Tanam, Puluhan Hektar Sawah di Nganjuk di Hajar Banjir

NGANJUK, sadhapnews.com – Keluh kesah para petani kian hari tampak kian santer,  hal ini tak luput dari beberapa faktor adanya kendala pertanian yang di alami, seperti halnya; ada beberapa  persawahan yang terus di hantui dengan adanya lahan yang rawan kebanjiran, hingga terbatasnya perolehan pupuk subsudi serta tanaman pun tak luput dari serangan  hama, seperti tikus, ulat, burung, kaper dll.  seperti di bulan - bulan  ini menjelang  masa panen dan masa tanam padi sejumlah petani di Desa Bukur Kecamatan Patianrowo dan Desa Lengkong Kecamatan Lengkong terancam merugi. 

Pasalnya; benih tanaman padi yang sudah di tanam di kepung banjir hingga  bebarapa tanaman padi yang hanya  menunggu hitungan hari untuk dipanen sudah terendam air  serta  roboh akibat terjangan angin kencang, akibat intensitas hujan terlalu tinggi.

Menurut Tohir (50) salah satu petani asal Dukuhan satak, Desa Ngepung Kecamatan patianrowo saat memberi keterangan pada sadhapnews.com jumat 16/04/2921 mengatakan, hujan deras hingga berjam - jam lamanya disertai angin terjadi di wilayah Kecamatan lengkong dan kecamatan patianrowo, pada kamis  15/04/2021 malam. akibatnya  beberapa hektar  lahan persawahan yang ada di kecamatan patianrowo dan kecamatan lengkong kebanjiran.

"Sehingga banyak para petani yang mau panin maupun yang sudah tanam benih padi terancam merugi.

Tohir juga mengaku dihantui kerugian karena benih padi yang sudah ditanam total telah terendam air , tohir pun juga berharap, agar pemerintah baik daerah maupun provinsi untuk bisa memperhatikan para petani, swatu misal: saluran air atau drainase untuk diperbaiki atau ada pembangunan saluran air untuk yang lebih layak lagi, seperti halnya untuk pupuk bersubsidi kuota nya agar bisa di tambah lagi, karena kalau beli pupuk nonsubsidi jelas harganya mahal dan tidak sebanding dengan hasil perolehan panen," ujarnya.

“Pantauan sadhapnews di beberapa kecamatan yang ada di nganjuk. hal ini terjadi tak hanya di wilayah kecamatan lengkong dan patianrowo saja, adapun  beberapa lahan persawahan yang ada di beberapa kecamatan di kabupaten nganjuk yang disinyalir juga rawan banjir. seperti halnya persawahan yang ada di dusun barengan desa kaloran kecamatan ngronggot, dan juga desa gemenggeng kecamatan pace juga disinyalir rawan genangan air. ( m.to )

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url