MPLS SMKN, Danramil 0815/15 Jatirejo Bekali Siswa Materi Wasbang Bela Negara*

Mojokerto, sadhapnews - Bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Demikian diungkapkan Pgs. Danramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815/Mojokerto Kapten Cba Kurniawan Junaedi dalam pengantar materi Wawasan Kebangsaan, saat menjadi narasumber pada pembekalan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Aula SMKN 1 Jatirejo, Jalan Raya Sumengko, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (20/07//2022).

Dihadapan ratusan siswa baru SMKN 1 Jatirejo, Kapten Cba Kurniawan Junaedi, menegaskan, bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara, sesuai yang diamanatkan konstitusi negara, Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. ”Bela negara ini juga termaktub dalam pada Pasal 9 ayat 1 UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara”, tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa bela negara bukan hanya tugas dan tanggung jawab TNI-Polri, namun hak dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia. ”Termasuk adik-adik sekalian, memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam upaya pembelaan negara”, jelasnya. 

Dipaparkannya, upaya pembelaan negara ini bisa dilakukan secara fisik dan non fisik. Pembelaan negara secara fisik diantaranya dengan cara perjuangan mengangkat senjata apabila ada serangan dari negara asing terhadap kedaulatan negara, mengabdikan diri menjadi Prajurit TNI secara wajib atau sukarela, dan pengabdian sesuai profesi. 

Masih sambungnya, pembelaan negara secara non fisik dimaknai sebagai usaha untuk menjaga bangsa serta kedaulatan negara, seperti meningkatkan rasa nasionalisme, berpartisipasi aktif untuk kemajuan bangsa dan negara, melestarikan adat dan budaya, memajukan kesenian lokal dan nasional, menerapkan nilai-nilai pancasila serta menjaga identitas dan integritas negara, dan lain-lain. ”Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara”, sambungnya.

Pama yang sehari-hari menjabat Pasi Intel Kodim 0815/Mojokerto ini, lebih lanjut membeberkan, yang harus dibela dari negara, meliputi kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI, dan keselamatan segenap bangsa. Kemudian, tandasnya, untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, lanjutnya, salah satunya dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai bela negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara.

Sebelum menutup materinya, Danramil berpesan, agar para siswa tetap semangat dan rajin belajar demi menggapai cita-cita, impian dan harapan, dengan tetap berpegang teguh pada agama atau keyakinan masing-masing sebagai landasan moralitas. ”Tetaplah bangga menjadi bagian dari Bangsa Indonesia”, tutupnya.

Sekedar informasi, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang tengah berjalan sejak kemarin ini merupakan sebuah metode pengenalan oleh pihak sekolah SMKN 1 Jatirejo kepada siswa baru bekerja sama dengan Koramil 0815/15 Jatirejo untuk menanamkan nilai-nilai dasar kejuangan dalam hidup berbangsa dan bernegara sehingga ke depan dapat memudahkan para siswa dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.( Nur )

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url