Peran Aktif Koramil 0815/07 Jetis Edukasi Wawasan Kebangsaan Dalam MPLS*

Mojokerto, Sadhapnews - Pgs. Danramil 0815/07 Jetis Kodim 0815/Mojokerto Lettu Inf Akhmad Rifa’i memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dihadapan siswa baru SMKN 1 Jetis di Aula SMKN 1 Jetis, Jalan Raya Desa Mojolebak, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (20/07/2022).

Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan apel pagi dipimpin oleh Pgs. Danramil 0815/07 Jetis, Lettu Inf Akhmad Rifa’i, dilanjutkan pemberian materi wawasan kebangsaan dan bela negara di Aula SMKN 1 Jetis. Dalam kesempatan itu, Lettu Inf Akhmad Rifa’i membeberkan tentang definisi, tujuan dan nilai-nila wawasan kebangsaan dan belanegara.

Pama yang menjabat Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0815/Mojokerto ini, menjelaskan, tentang ancaman saat ini terhadap NKRI, terdiri dari ancaman militer dan non militer. ”Ancaman non militer ini sulit diprediksi dan dampaknya luar biasa, lebih berbahaya dari ancaman militer, karena salah satu sasarannya generasi muda yang akan menjadi pewaris kepemimpinan baik di daerah maupun dikancah nasional dimasa mendatang”, tegasnya.

Untuk membentengi ancamana ini, selain berpegang teguh pada agama dan keyakinan masing-masing, maka generasi muda juga harus dibekali pengetahuan wawasan kebangsaan dan belanegara yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembekalan materi Wasbang dan bela negara ini, lanjutnya, agar pada generasi muda tertanam kecintaan terhadap NKRI

Jadi tujuannya, untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan nasionalisme (cinta tanah air) terhadap NKRI. Karena pada hakekatnya, wawasan kebangsaan adalah Keutuhan Bangsa dan Kesatuan Wilayah. ”Tentunya kita semua harus membangun rasa kebersamaan sesama anak bangsa”, tandasnya. 

Pantauan dilapangan, kegiatan MPLS di SMKN 1 Jetis ini diikuti 500 siswa serta dihadiri Kepala SMKN 1 Jetis, Drs. Ladi, M.M., beserta para guru pendamping, Bati Tuud Koramil 0815/07 Jetis Pelda Hari Suyanto beserta 3 personel Babinsa.( Nur )

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url