Bersihkan Diri Jelang Ramadhan, Bupati Ikfina Hadiri Ruwah Desa Mojosulur


Mojokerto, SadhapNews.com - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri pelaksanaan acara ruwah Desa Mojosulur, Kecamatan Mojosari. Pada momen itu, Ia mengatakan, ruwah desa menjadi momen untuk masyarakat membersihkan diri menjelang bulan suci Ramadhan.

Tampak masyarakat sangat antusias mengikuti seluruh prosesi ruwah desa yang berlangsung di lapangan Desa Mojosulur. Selain itu, adanya lomba gunungan semakin menambah kemeriahan acara ruwah desa kali ini.

Selain itu, pada acara ruwah desa Bupati Ikfina juga berkesempatan meresmikan ruko milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mojosulur.

"jadi kita sedekahkan harta kita untuk membersihkan diri, membersihkan harta kita selama satu tahun bekerja. Ini berupa tumpeng, yang berasal dari berbagai hasil bumi itu semua adalah wujud sedekah dari masyarakat Mojosulur, supaya diampuni dosanya, supaya dibersihkan hartanya, menjelang bulan suci Ramadhan. supaya bisa beribadah dengan baik," ucap Bupati Ikfina, Minggu (3/3) malam.

Bupati Ikfina juga mengatakan, selain momen untuk membersihkan diri, pelaksanaan ruwah desa juga untuk mengirimkan doa kepada para leluhur dan memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk diberikan keberkahan.

"Mudah-mudahan sedekah yang kita keluarkan dan ruwah desa yang kita laksanakan betul-betul nanti masyarakat Mojosulur diberikan kesehatan, semakin lancar kerjaannya, dan tanah yang ditanami tanaman bisa tumbuh dengan subur, diberikan barokah keluarga anak cucunya, betul-betul diberikan semuanya semakin lebih baik lagi," harapnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berkarya demi memajukan Kabupaten Mojokerto.

"Tetap semangat, kompak, ayo tersebut berkarya, berusaha membangun supaya lebih maju, sejahtera dan lebih baik," ajaknya.

Sementara itu, terkait adanya ruko milik BUMDes Mojosulur, Bupati Ikfina mengharapkan, dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi seluruh masyarakat.

"Mudah-mudahan ruko yang baru saja kita potong pitanya bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Mojosulur, dan mudah mudahan ikhtiar untuk membangun balai desa, dan merubah lapangan ini menjadi bagus sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk Mojosulur bisa segera terealisasi," harapnya.

Perlu diketahui pada 2021, pemerintah kabupaten memberikan anggaran untuk pembangunan Kantor Desa sejumlah 250 juta. Tahun 2022, juga memberikan anggaran untuk jalan lingkungan sejumlah 150 juta, saluran irigasi 150 juta dan jalan lingkungan di APBD sejumlah 150 juta total keseluruhan yaitu 450 juta. Tahun 2023, ada melanjutkan untuk pembangunan pendopo yang belum selesai hingga sekarang 400 juta kemudian rehabilitasi pasar desa / kios 100 juta, berikutnya jalan desa dan sarana pelengkap 600 juta sampai 2023. (Trs)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url