Buka Fun Parenting RA Se-Kecamatan Jetis, Bupati Ikfina Ajak Wali Murid Siapkan Transisi Pendidikan


Mojokerto, SadhapNews.com - Dalam rangka menyiapkan transisi peserta didik anak usia dini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri sekaligus membuka acara Fun Parenting Raudhatul Athfal (RA) se-kecamatan Jetis. Acara yang diinisiasi oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kecamatan Jetis itu diselenggarakan di RTH Sidorejo Surya Park, Rabu (15/5) pagi.

Melalui arahannya, orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto menuturkan, bahwa para wali murid dan tenaga pengajar pendidikan usia dini (PAUD) harus menyiapkan transisi pendidikan siswa dari PAUD termasuk RA, ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Hal ini ditekankan karena menurut Bupati Ikfina pembelajaran di jenjang SD sudah sepenuhnya berbeda dengan sistem pembelajaran di jenjang PAUD.

"Dari PAUD ke SD beda proses belajarnya, jadi anak-anak harus dipersiapkan supaya tidak kaget, maka dari itu ada kegiatan program transisi Paud-SD yang menyenangkan," ujarnya dihadapan 320 siswa yang didampingi oleh wali murid dan para tenaga pengajarnya.

Bupati Ikfina melanjutkan, bahwa untuk mengantisipasi transisi pendidikan anak usia dini, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, kebudayaan,riset dan teknologi telah menyediakan program 'transisi PAUD ke SD yang menyenangkan', selain itu terdapat juga 6 fondasi pendidikan untuk mendukung program dari Kemendikbud itu.

"Jadi pemerintahan kita mempunyai program transisi Paud-SD yang menyenangkan, dan RA termasuk Paud pendidikan usia dini, kita kembalikan anak-anak nanti belajar membaca, menulis, dan berhitung kalo sudah SD/MI, sedangkan kalau masih PAUD yang harus dikuatkan enam pondasi kemampuan anak," jelasnya.

Enam pondasi kemampuan anak yang dimaksud adalah mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, dan pemaknaan belajar yang menyenangkan dan positif.

Pada akhir arahannya, Bupati Ikfina yang juga berperan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto itu juga mengapresiasi IGRA kecamatan Jetis atas terselenggaranya acara Fun Parenting ini.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, IGRA Jetis luar biasa karena tidak banyak yang peduli dengan parenting bersama anak, Ini merupakan momen khusus dengan anak-anak nantinya sambil bersenang senang semuanya," tandasnya.

Tampak yang turut hadir mendampingi bupati pada acara fun parenting RA se-Kecamatan Jetis ialah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mojokerto, Ketua IGRA Kecamatan Jetis, dan Camat Jetis beserta Forkopimca. (Trs)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url