Rapat Paripurna Penyampaian APBD (LPPA) Tahun 2023, Dewan Akan Pertanyakan Kecilnya Anggaran SILPA.


Kota Mojokerto, SadhapNews.com - Rapat Paripurna penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (LPPA) Tahun Anggaran 2023, digelar DPRD Kota Mojokerto secara terbuka di gedung Dewan dan dipimpin langsung oleh ketua DPRD kota Mojokerto Sunarto,S.H pada Senin (27/5/2023).malam.

Salah satu yang cukup dipertanyakan dewan adalah kecilnya sisa lebih perhitungan anggaran tahun (2023) SILPA yang hanya sebesar Rp 104 miliar.

Hal itu di sampaikan oleh ketua DPRD Sunarto usai memimpin rapat Paripurna bersama Pj Walikota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro kepada puluhan awak media menyampaikan, dengan anggaran yang kecil dirinya sangat miris karena Silpa anggaran tak sesuai estimasinya.

"Kami sangat miris kok Silpanya sangat kecil hanya berkisar di angka 100 miliaran, padahal estimasi dulu kan sekitar 200 miliar sekian," kata Sunarto.

Lebih lanjut politisi Senior PDIP ini juga mengungkapan dengan kecilnya Silpa yang hanya kisaran Rp 100 miliar dirinya tak yakin sebelum perubahan anggaran keuangan (PAK) apakah ini nanti mencukupi apa tidak.

"Tapi ini nanti masih dalam proses pembahasan kok, karena kalau Silpa kecil akan ada kegiatan yang di geser atau repocusing" imbuhnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro yang akrab disapa Mas Pj ketika membacakan LPPA Tahun 2023 menjelaskan bahwa pendapatan daerah Kota Mojokerto tahun 2023 mencapai hingga 100,64 persen, dari target awal sebesar Rp 1,5 triliun, namun Pemkot Mojokerto berhasil merealisasikan pendapatan daerah lebih tinggi yakni sebesar Rp 1,7 triliun.

“Sedangkan pendapatan daerah ini meliputi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pendapatan Transfer serta pendapatan lain-lain yang sah,” terang Mas Pj.

Namun demikian, Dewan Kota Mojokerto tetap memberikan apresiasi dalam realisasi pendapatan asli daerah di tahun 2023 setelah melihat realisasi akhir tahun sesuai yang termuat dalam LPPA dimana target yang direncanakan setelah APBD Perubahan 2023 berhasil terlampaui. Dari target Rp 1.211.286.652.880,00 berhasil terealisasi Rp 1.113.313.472.916,49.

Nampak hadir dalam sidang tersebut, PJ Walikota Kota mojokerto M Ali Kuncoro, Sekda Kota Mojokerto Gaguk Prasyo, Forkopinda Kota Mojokerto, Semua OPD Kota Mojokerto dan para undangan. (Adv/Trs)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url