Bupati Mojokerto Bersama Warga Brayublandong Kirim Doa Kepada Leluhur Di Makam Gunung Kunci


Mojokerto, SadhapNews.com - Bupati Mojokerto, Ikfına Fahmawati mengikuti acara kirim doa kepada leluhur di makam Gunung Kunci Mbah Tulak dan Nyai Fitri Pitaloka serta memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di Desa Brayublandong Kecamatan Dawarblandong, pada Jumat (26/7) sore.

Bupati Ikfına mengajak masyarakat Desa Brayublandong untuk tetap mempertahankan tradisi para leluhur. Menurutnya terdapat nilai-nilai baik dari tradisi yang sudah dilakukan sejak turun-temurun ini.

"Saya meminta kegiatan memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1446 Hijriah dan kirim doa kepada leluhur harus dilestarikan, ini akan kembali mengobarkan semangat masyarakat dalam melestarikan budaya. Alhamdulillah saya senang kegiatan ini tetap dilaksanakan, warga juga menjadi lebih guyub. Peran warga tentu sangat diperlukan dalam mengembangkan tradisi ini. Budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturrahmi antar warga, juga menciptakan kerukunan di masyarakat. Untuk itu, saya minta kepada semua warga khususnya Desa Brayublandong untuk terus mempertahankan tradisi para leluhur," ucap Bupati Mojokerto.

Selain itu, upaya nguri-uri budaya di Kabupaten Mojokerto, terus dikuatkan dengan melekatkan identitas Majapahit. Seperti halnya pelestarian kegiatan budaya Majapahit, yang hendaknya didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

"Dalam hal ini pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, ini harus ada budayawan semuanya kemudian bergerak dan kita akan bersinergi,” jelasnya. (Trs).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url