Dinkes Kabupaten Kediri Gelar Skrining Kesehatan di halaman Pemkab Kediri, Diikuti Ratusan SKPD ASN Kabupaten Kediri


Kediri, sadhapnews.com - Bertempat di halaman Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Kediri Jawa Timur, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri sukses melaksanakan giat skrining kesehatan dengan diikuti ratusan ASN dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri, jumat 9/8/2024.

Kegiatan skrining kesehatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, asam urat serta lingkar perut dan berat badan.

Dr.Ahmad Khotib saat di temui kuli tinta Sadhapnews.com di lokasi halaman Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri menyampaikan, hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri telah menggelar dan melakukan skrining kesehatan, dalam giat skrining telah di ikuti para peserta yang tak lain adalah para perwakilan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) ASN Kediri. tujuan kegiatan skrining ini sebagai mendeteksi dini penyakit tidak menular," ujar orang nomor satu di dinas kesehatan Kediri.

Masih dikatakan Dr Khotib, pemeriksaan kesehatan ini mempunyai maksut dan tujuan upaya melakukan pencegahan penyakit tertentu, swatu misal seperti kardiovaskular atau sakit jantung. selain itu, penyakit tidak menular lain yang juga berpotensi membahayakan atau ke arah kronis bisa teratasi.

"Dengan adanya upaya skrining, sehingga bisa diketahui adanya gula darah tinggi yang menyebabkan diabetes. atau asam urat yang bisa mempengaruhi dari efek kinerja ginjal," 

Selain itu kadar kolesterol dan tekanan darah juga kami periksa supaya bisa melakukan pencegahan penyakit kardiovaskular,

apabila dalam proses pemeriksaan ditemukan indikasi yang mengarah ke penyakit tertentu, lanjut dr Khotib, akan diberikan edukasi kesehatan.jelas dr.khotib

Lebih lanjut, jika tekanan gula darah tinggi, maka akan diarahkan untuk melakukan diet carbo. begitu juga ketika kolesterol dan asam urat tinggi, akan diarahkan untuk diet sehat dan menjaga pola makan."Kalau memang membutuhkan penanganan medis, nanti akan kami rujuk ke fasilitas kesehatan terdekat. Karena semua pegawai sudah tercover dengan jaminan kesehatan, jadi tidak ada yang perlu di khawatirkan lagi," ungkap dr Khotib.

Ia berharap dengan dilakukannya skrining kesehatan ini, deteksi awal munculnya penyakit tidak menular bisa langsung terdeteksi. Sehingga, penangan bisa segera dilakukan." Jelas Kadinkes dengan singkat," (nyoto)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url